POSYANDU MASA NEW NORMAL

Posyandu

NGAWEN-MARGOREJO. (10/08/2020) Menyambut masa new normal, Pemerintah Desa Ngawen tengah menjalankan prosedur pelayanan kesehatan balita di pos pelayanan terpadu (posyandu) pada masa pandemi Covid-19. Dengan panduan ini, pemantauan kesehatan anak balita dalam kegiatan posyandu bisa berjalan seperti semula, tetapi tetap menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19.

Cuci tangan
Pemeriksaan suhu badan

 

 

 

 

 

 

Mulanya, prosedur itu dirancang supaya posyandu tetap berjalan, sehingga kesehatan anak balita tetap terpantau. Merebaknya pandemi Covid-19 sejak awal Maret membuat posyandu dinonaktifkan sejak Maret hingga Mei.

Tetapi, didalam ketidakaktifan posyandu itu pemantauan posyandu harus tetap berjalan. Pemerintah Desa Ngawen (Sunarto,S.P) atas usulan Bidan Desa mengeluarkan pedoman pada akhir Mei, sehingga Juni sudah mulai digunakan. Dari panduan itu, Bidan Desa dan Kader Posyandu memantau kesehatan balita dengan mengunjungi rumah anak balita bermasalah. Dan Mulai Bulan Juli diadakan posyandu di pos pelayanan terpadu, tetapi hanya pemeriksaan rutin, kemudian dibulan Agustus ini diadakan Posyandu diadakan sesuai protokol new normal.

Pemberian Vitamin
Pengukuran tinngi badan
Pengukuran berat badan
Pemberian susu dan biskuit dan pemberian                                       vitamin

Dalam Posyandu ini Bidan Desa beserta ibu-ibu kader dibantu oleh Tim KKN UIN Sunan Kalijaga, dari pemeriksaan suhu badan, mengarahkan untuk cuci tangan, mengukur tinggi badan, berat badan, serta memberi vitamin dan lain-lain.(AIA)

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan